Selasa, 07 Juni 2011

Pengaruh PENDERITAAN

Pengaruh yang akan terjadi pada seseorang jika mengalami penderitaan :

            Orang yang mengalami penderitaan mungkin akan memperoleh pengaruh\ reaksi bermacam-macam dari sikap dalam dirinya. Sikap yang timbul dapat berupa sikap positif ataupun sikap negatif. Sikap negatif dapat berupa penyesalan karena tidak bahagia, sikap kecewa, putus asa, ingin bunuh diri. Kelanjutan dari sikap negatif ini dapat timbul sikap anti, misalnya anti kawin atau tidak mau kawin, tidak punya gairah hidup.
Sikap positif yaitu sikap optimis mengatasi penderitaan hidup, bahwa hidup bukan rangkaian penderitaan melainkan perjuangan membebaskan diri dari penderitaan.  Sikap positif biasanya kreatif, tidak mudah menyerah bahkan mungkin timbul sikap keras atau sikap anti, misalnya anti kawin paksa, ia berjuang menentang kawin paksa. Anti kekerasan, ia berjuang menentang kekerasan dan lain-lain
Apabila sikap negatif dan positif ini dikomunikasikan oleh para seniman kepada para pembaca, penonton makan para pembaca dan penonton akan memberikan penilaian. Penilaian itu dapat berupa kemauan untuk mengadakan nilai-nilai kehidupan dalam masyarakat dengan tujuan perbaikan keadaan.


Referensi :

http://kevinkarundeng.wordpress.com/2011/03/25/manusia-dan-penderitaan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar