Selasa, 07 Juni 2011

Manusia dan Keindahan

Pengertian KEINDAHAN

Kata keindahan ”beau”(dalam bahasa perancis) ”beautiful”(dalam bahasa inggris) ”belld”(dalam bahasa spanyol) ”bellum”(dalam bahasa latin). Berasal dari kata indah yang artinya bagus, permai, cantik, elok, melok, dan sebagainya .

Keindahan atau juga disebut keelokan merupakan sifat dan ciri dari orang hewan, tempat, objek atau gagasan yang memberikan pengalaman persepsi kesenangan bermakna atau kepuasan, Sifat indah bukan hanya yang disebutkan diatas tetapi juga benda seni, pemandangan alam, rumah tangga, suara, warna dan suatu permainan pun dapat dikatakan indah. Keindahan itu suatu konsep abstrak yang tidak dapat dinikmati karena tidak jelas, keindahan itu baru jelas jika telah dihubungkan dengan suatu yang berwujud atau suatu karya. Dengan kita melihat itu indah itu baru dapat dinikmati jika dihubungkan dengan suatu bentuk atau nilai.

Dalam ”Kamus Besar Bahasa Indonesia” keindahan juga dapat diartikan sebagai keadaan yang enak dipandang cantik, bagus, benar dan elok. Keindahan dipelajari sebagian dari estetika, sosiologi, psikologi sosial dan budaya. Keindahan yang ideal adalah sebuah entitas yang dikagumi atau memiliki fitur yang dikaitkan dengan keindahan dalam suatu budaya tertentu atau kesempurnaan .

Keindahan sering melibatkan penafsiran beberapa intitas yang seimbang dan selaras dengan alam, yang dapat menyebabkan perasaan daya tarik dan ketentraman emosional. Sering dikatakan bahwa ”Beuty is in the eye of the beholder” atau diartikan sebagai ”Keindahan itu berada pada mata yang melihatnya” .




Referensi :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar