Jumat, 23 September 2011

MEROKOK DIKALANGAN ANAK-ANAK

Pada jaman sekarang merokok sudah hal yang biasa bagi seluruh orang-orang di dunia, dari orang dewasa, remaja maupun anak-anak . Biasanya Orang yg mulai merokok sejak usia mereka dewasa bahkan ada yg mulai sejak mereka anak-anak .

Kenapa sejak anak-anak sudah mencoba untuk merokok ? apa karena mereka mencoba-coba, di tawarin teman sebaya atau dari kelalian orang tua mereka dll, semua bisa dikarenakan itu.

  • Anak-anak merokok karena coba-coba, mereka banyak melihat orang-orang merokok rasa penasaran mereka pun muncul apakah itu enak atau tidak enak lalu anak itu pun membeli rokok dan mencobanya sendiri jika menurut mereka rokok itu enak rasanya maka besok-besok anak itu akan membeli rokok lagi dan lagi sampai mereka dewasa.

  • Anak-anak merokok karena ditawarin teman sebaya, Tekanan teman sebaya mereka  yang sudah mencobanya dan anak itu takut dianggap tidak bergaul karena tidak merokok. Banyak anak-anak jaman sekarang yg jika teman sebayanya tidak merokok suka di beri ejekkan seperti ”Yahh gak ngerokok gak gaul dehh” perkataan itu yg membuat biasanya anak-anak itu mulai memikirkan untuk mencobanya.

  • Anak-Anak merokok karena kelalaian orang tua ? bisa saja seperti :
-         Banyak orang tua yg tidak memperhatikan keseharian anak-anak mereka, seperti pulang sekolah orang tua mereka wajib mengecek semua yg ada di anak itu seperti tas baju dll. Mengetahui mereka bermain dimana dan sama siapa saja. Jika ad hal yang aneh maka orang tua mereka wajib memberitahu dan memperingatin,Hal-hal kecil seperti itu bisa mencegah anak-anak untuk tidak lebih lanjut mendalami merokok .

-         Orang tua juga memiliki pengaruh pada anak-anak dalam hal merokok, khususnya orang tua perokok. Beberapa penelitian meskipun mungkin sebetulnya sudah jelas membuktikan bahwa anak-anak dari orang tua perokok lebih besar kemungkinannya untuk mengisap "batang tembakau" ketimbang anak-anak dari orang tua non-perokok. Orang tua non-perokok juga bisa dianggap bersalah ketika membiarkan anak-anak mereka menonton film atau video yang menampilkan orang merokok.

Dan beberapa alasan penting mengapa anak-anak sudah mulai merokok :

  • Mengira merokok adalah kegiatan orang orang yang sudah dewasa, dan mereka ingin dianggap sudah besar. Punya pandangan ini adalah tindakan pemberontakan terhadap orang tua..

  • Menganggap merokok adalah kegiatan yang keren, seperti halnya para idola mereka seperti selebritas dan sebagainya.

  • Terpengaruh gencarnya iklan rokok yang masuk lewat film, media massa, poster, jadi sponsor kegiatan anak-anak muda seperti konser musik dan sebagainya.

  • Tak ada yang menegur dan mengingatkan ketika melihat anak kecil atau remaja merokok di tempat umum.

  • Murahnya harga rokok, bahkan anak dan remaja bisa mengeteng per batang. Seharunya pemerintah menaikan harga rokok supaya tidak terjangkao dari remaja dan anak-anak, sebaiknya setiap supermarket dan warung tidak menjualkan rokok tersebut kepada anak-anak dan remaja hanya orang tua yg bisa membelinya dan Pabrik yang mengelola rokok tersebut dibatasi produksinya . 
Referensi : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar