Jumat, 30 September 2011

TUGAS

  1. Organisasi dpt diartikan sebagai wadah dan sebagai proses,jelaskan!
  2. Jelaskan sejarah timbulnya organisasi,berikan contoh organisasi dan sejarahnya.tiap org berbeda
            Oragnisasi sebagai wadah
               Wadah dalam pembinaan sikap dan kepribadian, serta menanamkan nilai luhur dalam diri mahasiswa. Nilai luhur yang dimaksud diantaranya adalah, bermoral, cinta tanah air, disiplin, etos kerja tinggi, sportif. Dapat juga sebagai wadah ketika berkerja nanti, orang yang sering berorganisasi akan terbiasa mengalami kerja sama didalam satu team sama seperti hal’nya berkerja
Tidak hanya itu saja organisasi juga bisa sebagai wadah menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan atau memperkaya khasanah ilmu pengetahuan, teknologi dan atau kesenian.

Organisasi sebagai proses

            Didalam sebuah oraganisasi ada hubungan beberapa orang yang berkumpul untuk mencapai tujuan bersama .Dimana dalam mencapai tujuan bersama itu mereka harus saling berkerja sama satu sama lain . Organisasi sebagai proses dapat diartikan sebagai proses kegiatan yang dilakukan untuk meningkatan kegunaan segala sumber dan faktor yang menentukan berhasilnya proses tersebut terutama dengan memperhatikan fungsinya dan Organisasi sebagai proses juga dapat diartikan sebagai proses dalam diri seseorng yang mengikutin organisasi agar bisa menjadi orang yang bisa bersosialisasi baik dengan orang banyak, bisa berkerja sama dengan orang lain apabila dalam organisasi tersebut membentuk suatu kelompok dan mengajarka seseorang menjadi pemimpin .


Sejarah Organisasi                
          Pendekatan awal terhadap teori organisasi pada awal abad 19 menganggaporganisasi sebagai alat mekanis untuk mencapai tujuan, pada perhatian difokuskanpada pencapaian efisiensi dalam fungsi-fungsi intern. (Teoritikus Tipe 1).
Pada teoritikus tipe 2 yang melaksanakan dibawah asumsi system tertutupnamun menekankan hubungan informasi dan motivasi-motivasi non-ekonomis yangberoperasi dalam organisasi. Organisasi tidak selalu berjalan secara mulus danbukan merupakan mesin yang sempurna. Manajemn dapat merancang hubungandan aturan formal, namun diciptakan juga persahabat informal untuk memenuhikebutuhan social anggotanya.
Kerasionalan kembali menjadi tema sentral pada teoritikus tipe 3,diperkirakan sejak 1960 sampai awal 1970-an para teoritikus melihat organisasimenjadi alat untuk mencapai tujuan. Mereka memfokuskan pada sasaran, teknologi,dan ketidak pastian lingkungan sebagai variabel-variabel kontingensi utama yangmenetukan struktur yang tepat dan seharusnya berlaku dalam organisasi, dengankata lain struktur yang sesuai dengan variable-variabel kontingensi tersebut akanmembantu pencapaian tujuan organisasi, sebaliknya penerapan struktur yang salahakan mengancam kelangsungan hidup organisasi.
Akhirnya pendekatan mutakhir untuk memahami organisasi sangatdipengaruhi oleh para teoritikus tipe 4. perspektif social digunakan kemabali, namundalam kerangka kerja system terbuka. Hasilnya adalah pandangan bahwa strukturbukanlah merupakan usaha yang rasional dari pada manager untuk menciptakanstruktur yang efektif, namun merupakan hasil dari suatu pertarungan politis di antarakoalisi-koalisi di dalam organisasi untuk memperebutkan kendali atau kekuasaan.

Sebelum memberikan contoh organisasi sebaiknya mengetahui organisasi terbagi menjadi 2 bagian yaiut :

1. Organisasi Formal
Organisasi formal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yangmengikatkan diri dengan suatu tujuan bersama secara sadar serta denganhubungan kerja yang rasional.
2. Organisasi Informal
Organisasi informal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang telibat
pada suatu aktifitas serta tujuan bersama yang tidak disadari.

Contoh Organisasi  :
            HMTK (Himpunan Mahasiswa Teknik Komputer)
                        Merupakan organisasi mahasiswa di dalam jurusan sistem komputer (S1) dan Teknik Komputer (D3) yang berasa dalam lingkungan kampus gunadarma. Berdiri pada tanggal 9 oktober 1999 atas dasar akan kebutuhan mahasiswa didalam jurusan Sistem Komputer dan Teknik Komputer yang merasa memerlukan suatu wadah aspirasi dan juga menyatukan diri di tataran mahasiswa dan kekurang puasan kita terhadap kampus.
                        Kegiatan yang sering dilakukan yaitu mengadakan malam keakraban yang sering dinamakan MAKERTEKOM (Malam Keakraban Teknik Komputer) yang bertujuan untuk menjalin keikatan emosional ditataran mahasiswa jurusan Sistem Komputer dan Teknik Komputer peserta didik yang baru kepada yang lama tanpa mebeda-bedakan jurusan maupun angkatan dan bersatu untuk membantu mental solidaritas yang utama. Disamping itu memberikan pengalaman dibidang akademis baik perkuliahan maupun pratikum yang berada dilingkungan HMTK.
                        Disamping kegiatan tersebut masih ada beberapa kegiatan yang mendukung aspirasi kawan-kawan seperti workshop merakit pc, troubleshooting dan insttalasi windows yang mengajarkan bagaimana kawan-kawan mahasiswa bisa mempelajari mengenai komputer khususnya hardwere. Lomba overcloking yang bertujuan bagaimana peserta meningkatkan kinerja ataupun performa komputer.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar