Selasa, 13 Maret 2012

OLIGOPOLI

Sumber : Sadono Sukirno MIKRO EKONOMI teori pengantar

Nama : Nurul Aziza
Kelas : 2KA27
NPM : 15110207


OLIGOPOLI
Pembahasan mengenai bentuk-bentuk pasar akan diakhiri dalam bab ini dengan menguraikan tentang pasar oligopoli, yaitu pasar yang terdiri hanya beberapa produsen saja.  Adakalanya pasar oligopoly terdiri dari dua perusahaan saja dan pasar seperti itu dinamakan duopoly.
Menerangkan tentang sikap seorang perusahaan didalam pasar oligopoly adalah lebih rumit dari pada menerangkan sikap pengusaha di pasar-pasar lain. Ini disebabkan karena tidak terdapat keseragaman dalam sifat-sifat berbagai industry dalam pasar oligopoli. Kelakuan perusahaan akan sangat berbeda apabila dalam pasar hanya ad tida perusahaan, dengan apabila dalam pasar terdapat lima belas perusahaan. Jika kelakuan perusahaan akan berbeda apabila perusahaan tersebut bersepakat untuk membuat perjanjian membagi-bagi pasar dengan apabila kesepakatan tersebut tidak terdapat. Seterusnya sebagian lainnya menghasilkan barang yang sangat bersamaan (identical). Tetapi ada pula perusahaan-perusahaan dalam oligopoly yang menghasilkan barang yang berbeda corak. Akhirnya, sebagian akibat dari jumlah perusahaan yang sangat sedikit kegiatan setiap perusahaan adalah sangat dipengaruhi oleh kegiatan perusahaan lainnya didalam industri yang sama. Didalam bertindak setiap perusahaan harus terlebih dahulu mempertimbangkan dan menduga reaksi perusahaan lain ke atas tindakan yang akan dijalankannya.
Oleh karena perbedaan-perbedaan seperti yang baru saja dinyatakan, maka suatu analisis yang bersifat umum yang akan menerangkan keseimbangan perusahaan dalam pasar oligopoly tidak dapat dibuat. Sedikit-dikitnya perlulah dibedakan dua variasi pasar yang mungkin wujud dalam pasar oligopoli, yaitu pasar oligopoly dimana perusahaan-perusahaan saling bersepakat untuk melakukan tindakan bersama didalam menentukan harga dan tingkat produksi, dan pasar oligopoli dimana perusahaan-perusahaan tidak melakukan persepakatan. Walaupun demikian, bab ini hanya akan menerangkan pasar oligopoly dimana perusahaan tidak melakukan persepakatan.





 










Tidak ada komentar:

Posting Komentar