Selasa, 13 Maret 2012

OLIGOPOLI 4

PENILAIAN KE ATAS PASAR OLIGOPOLI
            Didalam menilai kebaikan pasar oligopoly tida aspek dari kegiatan perusahaan-perusahaan dalam pasar oligopoly akan diperhatikan, yaitu :

·         Efisiensinya dalam menggunakan sumber-sumber daya
·         Kegiatan mereka dalam mengembangkan teknologi dan inovasi
·         Tingkat keuntungan yang mereka peroleh

EFISIENSI DALAM MENGGUNAKAN SUMBER-SUMBER DAYA
            Efisiensi penggunaan sumber-sumber daya akan tercapai apabila biaya marjinal = harga. Dan dialam perusahaan yang memaksimumkan untung biaya marjinal = hasil penjualan marjinal. Dengan demikian efisiensi penggunaan sumber-sumber daya akan tercapai apabila biaya marjinal = hasil penjualan marjinal = harga. Keadaan ini hanya mungkin tercapai apabila tingkat harga adalah sama dengan biaya rata-rata yang paling rendah. Pada umumnya keadaan ini tidak tercapai oleh perusahaan dalam oligopoly. Maka dipandang dari syarat edisiensi ini perusahaan dalam oligopoly tidaklah mengunakan sumber-sumber daya secara efisiensi.
            Tetapi dipandang dari sudut skala ekonomi yang mungkin diperoleh, terdapat kemungkinan bahwa perusahaan dalam oligopoly akan memproduksi barang dengan biaya yang lebih rendah dari perusahaan dalam persaingan sempurna.

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DAN INOVASI
            Terdapat cukup alas an untuk berkeyakinan bahwa pasar oligopoly merupakan struktur pasar yang memberikan dorongan untuk mengembangkan teknologi dan melakukan inovasi. Dua alasan penting dapat digunakan untuk menyokong pandangan ini, yaitu : (i) adanya untung yang lebih dari normal, dan (ii) menekankan kepada persaingan harga akan menimbulkan efek yang kurang menguntungkan kedudukan perusahaan didalam industry. Didalam pasar oligopoly perusahaan akan mendapatkan untung lebih normal. Keuntungan seperti ini dapat diperoleh karena kemasukan perusahaan baru sangat sukar berlaku.

KEUNTUNGAN PERUSAHAAN
            Walaupun dalam pasar oligopoly terdapat persaingan, keadaan persaingan tersebut tidaklah seluas seperti dipasar persaingan sempurna dan pasar persaingan monopolistis. Persaingan terutama dating dari perusahaan-perusahaan yang sudah ada dalam indusri tersebut. Dan dengan adanya kemungkinan persepakatan, persaingan masih dapat dikurangi lebih lanjut. Persaingan yang dibatasi ini memungkinkan perusahaan mendapatkan keuntungan yang melebihi normal.
            Kedapa para konsumen, kemungkinan mengurangi persaingan dan memperoleh untung yang lebih normal ini menimbulkan dua akibat yang kurang menguntungkan. Yang pertama, harga barang menjadi lebih tinggi dari pada apabila persaingan adalah lebih luas. Kedua, jumlah barang-barang yang dapat dinikmati masyarakat adalah kurang dari pada yang dapat diperoleh dalam pasar persaingan sempurna. Keburukan ini telah mendorong pemerintah melakukan pengawasan ke atas kegiatan perusahaan-perusahaan dalam oligopoly. 

Sumber : Sadono Sukirno MIKRO EKONOMI teori pengantar

Nama : Nurul Aziza
Kelas : 2KA27
NPM : 15110207
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar