Selasa, 13 Maret 2012

OLIGOPOLI 3

BENTUK-BENTUK HAMBATAN KEMASUKAN OLIGOPOLI
            Terdapat jumlah perusahaan yang terbatas didalam pasar merupakan suatu bukti nyata bahwa perusahaan-perusahaan baru adalah sangat sukar masuk kepasar oligopoli. Faktor-faktor penting yang menyebabkan kesukaran memasuki pasar oligopoly adalah :

·         Skala Ekonomi
·         Perbedaan biaya produksi
·         Sifat-sifat produksi yang mempunyai keistimewaan yang sukar diimbangi oleh perusahaan baru

Dibawah ini adalah penjelasan Faktor-faktor menyebabkan kesukaran memasuki pasar oligopoly

SKALA EKONOMI
            Skala ekonomi yang dinikmati oleh perusahaan yang terdapat dalam pasar oligopoli dapat menjadi penghambat yang sangat penting kepada perusahaan baru untuk masuk kedalam industry itu. Apabila suatu perusahaan oligopolis dapat menikmati skala ekonomi sehingga ke tingkat produksiyang sangat besar , ini berarti semakin banyak produksinya semakin rendah biaya produksi per-unit. Dan semakin besar jumlah penjualan perusahaan semakin efisien kegiatan memproduksinya. Ini akan menyukarkan kemasukan perusahaan baru, karena pada mulanya luas pasaran barangnya hanyalah sebagian kecil dari pada perusahaan yang terlah ada dan oleh karena itu biaya produksi per-unit adalah lebih tinggi dari pada perusahaan yang lama.

BIAYA PRODUKSI YANG BERBEDA
            Terdapat banyak factor yang menimbulkan kecendrungan perbedaan biaya produksi tersebut, yang penting adalah :
·         Perusahaan lama dapat menurunkan biaya produksi sebagai akibat pengetahuan yang mendalam mengenai kegiatan memproduksi yang dikumpulkan dari pengalaman masa lalu
·         Para pekerjanya sudah lebih berpengalaman didalam mengerjakan pekerjaan mereka, dan ingin menaikan produktivitas pekerja, yang selanjutnya memungkinkan penurunan biaya produksi
·         Prusahaan lama sudah lebih dikenal oleh bank, dan para penyedia bahan mentah dan oleh karenanya dapat memperoleh kredit yang lebih baik dan harga bahan mentah yang lebih murah

KEISTIMEWAAN HASIL PRODUKSI
            Keistimewaan yang dimiliki oleh barang yang diproduksinya oleh perusahaan lama merupakan sumber lain yang dapat menghambat kemasukan perusahaan baru. Keistimewaan ini dapat dibedakan dalam beberapa bentuk. Yang pertama ialah karena barang tersebut sudah sangat terkenal (product recognition), dan masyarakat sudah menaruh kepercayaan dan penghargaan yang tinggi keatas barang tersebut. Tanpa dapat menawarkan barang lain yang jauh lebih baik dari barang yang dikenal masyarakat ini, perusahaan baru akan mengalami kesukaran bersaing dengan baik dipasaran.
            Keistimewaan yang kedua adalah apabila barang tersebut sangat rumit (product complexity) yaitu ia terdiri dari komponen0komponen yang banyak sekali sehingga sukar membuat da memperbaikinya. Barang seperti itu antara lain adalah mobil, televise dan sebagainya. Sifat barang yang rumit tersebut menyebabkan tidak semua pengusaha yang mempunyi modal dapat masuk kedalam perusahaan tersebut. Pengusaha tersebut harus juga mengetahui cara membuat barang itu yang mutunya tidak kalah dengan barang-barang yang sudah ada dipasar.
            Keistimewaan lainnya yang mungkin dimiliki oleh perusahaan dalam pasar oligopoly adalah ia memproduksikan berbagai barang yang sejenis.


Sumber : Sadono Sukirno MIKRO EKONOMI teori pengantar

Nama : Nurul Aziza
Kelas : 2KA27
NPM : 15110207

Tidak ada komentar:

Posting Komentar