Selasa, 13 Maret 2012

OLIGOPOLI 2

PENENTUAN HARGA DAN PRODUKSI TANPA PERSEPAKATAN
Didalam melihat pemaksimuman keuntungan dalam suatu perusahaan oligopoli, akan diperhatikan bagaimana tujuan itu akan dicapai apabila perusahaan-perusahaan tidak membuat persepakatan. Setiap tindakan yang dilakukan suatu perusahaan akan menimbukan implikasi yang nyata kepada perusahaan-perusahaan lainnya. Apabila implikasi tersebut merugikan perusahaan-perusahaan lainnya, maka mereka melakukan tindakan balasan
Ciri perkaitan diantara perusahaan-perusahaan
Didalam pasar oligopoly penurunan harga dari suatu perusahaan berkecendrungan akan menyebabkan perusahaan-perusahaan lain juga akan melakukan penurunan harga agar mereka tidak kehilangan langganan.


KURVA PERMINTAAN OLIGOPLI
            Kurva permintaan yang dihadapi pasar oligopoli berbentuk kurva bengkok dan menyebabkan tingkat harga sangat rigid atau kaku, karena setiap tindakan perusahaan menurunkan harga akan diikuti oleh perusahaan lain. Selanjutnya, sebagai akibat kurva yang bengkok tersebut keuntungan maksimum cenderung akan dicapai pada tingkat harga yang telah ditentukan walaupun biaya produksi mengalami perubahan.



Sumber : Sadono Sukirno MIKRO EKONOMI teori pengantar

Nama : Nurul Aziza
Kelas : 2KA27
NPM : 15110207

Tidak ada komentar:

Posting Komentar