Selasa, 13 Maret 2012

OLIGOPOLI 1


CIRI-CIRI PASAR OLIGOPOLI
Pasar oligopoli hanya terdiri dari sekelompok kecil perusahaan. Biasanya struktur dari industry dalam pasar oligopoli adalah : terdapat beberapa perusahaan raksasa yang menguasai sebagian besar pasar oligopoli.

Dalam perekonomian yang sudah maju, pasar oligopoli banyak terdapat karena teknologi sudah sangat modern.
Pasar oligopoli mempunyai beberapa cirri khas lain. Ciri-ciri tersebut adalah :
1.      Menghasilkan barang standart maupun barang berbeda corak. 
                    Industri dalam pasar oligopoli yang menghasilkan barang standart (standardized product)  banyak dijumpai dalam industry yang menghasilkan behan mentah seperti produsen bensin, industry baja dan aluminium dan industry bahan baku seperti industry semen dan bahan bangunan. Sedangkan Pasar oligopoly yang terdiri dari perusahaan-perusahaan yang menghasilkan barang berbeda corak (differentiated product). Barang seperti itu umumnya adalah barang akhir, Contohnya industry mobil dan truk, industry rokok dan industry sabun mandi
2.       Kekuasaan menentukan harga adkalanya lemah dan adakalanya sangat tangguh
                   Apabila suatu  perusahaan menurunkan harga, dalam waktu yang singkat ia akan menarik banyak pembeli. Perusahaan yang akan kehilangan pembei akan melakukan tindakan balasan dengan mengurangi harga yang lebih besar lagi sehingga akhirnya perusahaan yang mula-mula menurunkan harga kehilangan langganan. Tetapi kalau perusahaan dalam pasar oligopoly berkerja sama dalam menentukan harga, maka harga dapet distabilkan pada tingkat yang mereka kehendaki. Dalam hal ini kekuasaan mereka untuk menentukan harga adalah sangat besar yaitu sama seperti dalam monopoli
3.     Perusahaan oligopoli perlu melakukan promosi secara iklan
              Iklan secara terus menerus sangat diperlukan oleh perusahaan oligopoly yang menghasilkan barang yang berbeda corak. Pengeluaran untuk iklan biasanya besar sekali untuk perusahaan. Kegiatan promosi secara iklan yang sangat aktif tersebut adalah untuk dua tujuan, yaitu menarik pembeli baru dan mempertahankan pembeli lama. Perusahaan oligopoli yang menghasilkan brang standart membuat pengeluran untuk iklan yang lebih sedikit, iklan tersebut terutama untuk memelihara hubungan baik dengan masyarakat.
  
        

     Sumber : Sadono Sukirno MIKRO EKONOMI teori pengantar

     Nama : Nurul Aziza
     Kelas : 2KA27
     NPM : 15110207

 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar