Rabu, 03 Oktober 2012

Makanan Tradisional Indonesia



Indonesia mempunyai banyak sekali keanekaragaman seperti halnya bahasa, tarian, pakaian, makanan dan masih banyak lainnya, disini saya ingin membahas tentang makanan tradisional yang ada diindonesia. Semua orang juga pasti sudah tau apa itu makanan tradisional Indonesia, banyak sekali makanan tradisional yang ada di Indonesia setiap kota, wilayah, daerah pasti mempunyai makanan tradisional masing-masing yang dalam bentuk dan jenisnya berbeda-beda. Seperti gudeg, macam-macam soto, nasi padang, pecel, rendang dll.

 Contoh Rendang


Rendang (bahasa Minang: Randang) adalah salah satu masakan tradisional Minangkabau yang menggunakan daging dan santan kelapa sebagai bahan utama dengan kandungan bumbu rempah-rempah yang kaya. Masakan dengan citarasa yang pedas ini digemari oleh seluruh kalangan masyarakat, dan dapat ditemukan di seluruh Rumah Makan Padang di Indonesia, Malaysia, ataupun di negara lainnya. Masakan ini kadang lebih dikenal dengan nama Rendang Padang, padahal rendang merupakan masakan khas Minang secara umum.
Rendang adalah masakan yang mengandung bumbu rempah yang kaya. Selain bahan dasar daging, rendang menggunakan santan kelapa (karambia), dan campuran dari berbagai bumbu khas yang dihaluskan di antaranya cabai (lado), serai, lengkuas, kunyit, jahe, bawang putih, bawang merah dan aneka bumbu lainnya yang biasanya disebut sebagai pemasak. Keunikan rendang adalah penggunaan bumbu-bumbu alami, yang bersifat antiseptik dan membunuh bakteri patogen sehingga bersifat sebagai bahan pengawet alami. Bawang putih, bawang merah, jahe, dan lengkuas diketahui memiliki aktivitas antimikroba yang kuat. Tidak mengherankan jika rendang dapat disimpan satu minggu hingga empat minggu.







Makanan tradisional diindonesia menurut saya banyak keunggulan dari makanan tradisional di Negara lain, makanan tradisional Indonesia pasti sangat unggul dalam bumbu karena bumbu yang dimasak pasti menggunakan rempah-rempah yang membuat makanan tradisional indinesia sangat khas pada rasanya. Banyak sekali keunggulan makanan tradisional dari pada makanan asing lainnya, makanan tradisional itu cenderung tahan lama karena makanan tradisional di masak dengan bumbu yang matang dan membuat makanan tersebut tahan lama.

Seharusnya sebagai warga Indonesia kita harus bangga dengan makanan tradisional kita sendiri jangan hanya suka pada masakan barat saja, makanan tradisional Indonesia tidak kalah enaknya dengan makanan barat. Sekarang makanan tradisional indonesiia tidak dinikmati saja oleh warga Indonesia tetapi warga asing sudah menikmatinnya dan tidak sedikit yang suka dengan masakan tradisional Indonesia. Supaya makanan tradisional indonesia tidak punah buat seluruh warga indonesia harus mengajarkan anaknya bisa masak makanan tradisional dan seterusnya seperti itu sehingga kita tidak perlu khawatir dengan kepunahan makanan tradisional indonesia dan memperbanyak restaurant yang menyajikan makanan tradisional tidak hanya makanan asing.

Referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Rendang

1 komentar:

  1. Casino Web (Google Chrome) - Download and Install for Android
    This website is free. Try the safebettings.com. The safebettings.com site allows you 카지노사이트 to check 온라인카지노 the safebettings.com site for other websites where you can bk8

    BalasHapus