Rabu, 03 Oktober 2012

Sikap Generasi Muda dengan bahasa Indonesia



Sebelum membahas bagaimana sikap generasi muda dalam melestarikan bahasa Indonesia pertama-tama harus mengetahui terlebih dahulu apa itu bahasa indoneisa ?
Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi Republik Indonesia dan bahasa persatuan bangsa Indonesia. Bahasa Indonesia diresmikan penggunaannya setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, tepatnya sehari sesudahnya, bersamaan dengan mulai berlakunya konstitusi.

Menurut saya bahasa Indonesia untuk punah itu pasti masih lama karena bahasa Indonesia masih di gunakan dalam kehiduapan sehari-hari tapi tidak memungkiri juga bahasa Indonesia akan punah karena banyak bahasa masuk di Negara Indonesia seperti bahasa inggris atau bahasa gaul, dan sebagian generasi muda mengakui walaupun  secara tidak langsung bahasa bahasa inggris lebih keren di banding bahasa Indonesia mungkin dikarenakan bahasa inggris itu bahasa internasional dan semua warga Negara harus tahu, tetapi sebagai warga Indonesia bahasa kita sehari hari yah bahasa Indonesia jadi walaupun bisa menggunakan bahasa inggris tetap yang dipergunakan bahasa Indonesia. Dan banyak juga sekarang bahasa gaul seperti AQUH CAYANK QMUAH dan bahsa gaul lainnya yang bukan merupakan bahasa Indonesia aslinya,  

Untuk generasi muda dalam melestarikan bahasa Indonesia cukup dengan mengakui dan mencintai bahasa Indonesia, jika perlu bahasa Indonesia harus dimenduniakan, kenapa kita warga indonesia belajar bahasa inggris, dan warga asing tidak belajar bahasa Indonesia tapi memang pasti susah untuk mewujudkan itu tapi kenapa tidak dicoba. 

Ada kutipan dari www.goodreads.com, yang harus dibaca oleh generasi muda
“Tanpa mempelajari bahasa sendiri pun orang takkan mengenal bangsanya sendiri” (Pramoedya Ananta Toer)

Referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa_Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar