Minggu, 06 November 2011

BROKEN HOME

        Broken home dapat diartikan sebagai keluarga yang berantakan, mereka atau orang tua tidak lagi peduli kepada kondisi anaknya dan anaknya tidak dapar perhatian lagi kepada orang tuanya . Atau dapat diartikan sebagai keluarga yang utuh tetapi banyak perselisihan didalamnya seperti percekcokan antara ibu dan ayah .
       Pada umumnya penyebab utama broken home ini adalah kesibukkan kedua orang tua dalam mencari nafkah keluarga seperti hal ayah laki – laki bekerja dan ibu menjadi wanita karier. Hal inilah yang menjadi dasar seorang tidak memiliki keseimbangan dalam menjalankan aktifitas sehari hari dan malah sebaliknya akan merugikan anak itu sendiri, dikala pulang sekolah dirumah tidak ada orang yang bisa diajak berbagi dan berdiskusi, membuat anak mencari pelampiasan diluar rumah seperti bergaul dengan teman – teman nya yang secara tidak langsung memberikan efek / pengaruh bagi perkembangan mental anak.
            Biasanya anak yang broken home selalu minder kepada teman lainya yang mempunyai keluarga yang harmonis . kesalahan dari orang tua bisa mengakibatkan fatal bagi anak-anaknya kelak. Anak yang broken home biasanya akan membenci salah satu dari orang tua mereka karena kekecewaan mereka terhadap orang tua'nya.
            Maka dari itu mereka berusaha untuk mendapatkan perhatian dari orang lain. Tetapi sayang, sebagian dari mereka melakukan cara yang salah misalnya : mencari perhatian guru dengan bertindak brutal di dalam kelas, bertindak aneh agar mendapat perhatian orang lain, dll.
            Kalau sudah brutal otomatis bisa salah pergaulan. Lalu mereka mulai melirik yang namanya Rokok. Awalnya hanya sekali hisap, lama – lama jadi berkali-kali. Kemudian setelah merokok, mereka mulai mencoba yang namanya NARKOBA, MIRAS dll. Waduw, sudah semakin kacau aja nih…
            Anak yang broken home biasanya akan membenci salah satu dari orang tua mereka karena kekecewaan mereka terhadap orang tua'nya. Dan hal tersebut tidak baik untuk kejiwaan mereka. Tetapi tidak semua anak broken home akan hancur atau membenci orang tuanya, dibawah beberapa tips unutk anak yang broken home untuk tidak menjadi dirinya hancur, yaitu :
a.       Berfikiran positif
b.      Jangan terjebak dengan situasi dan kondisi
c.       Mencoba hal-hal yang baru dan bersifat positif
d.      Cari tempat unutk berbagi
e.       Tidak perlu panik
Broken home bukan berarti hidup kita hancur kita masih punya kehidupan lain yang masih bisa capai. Bukan berarti kita dari anak yang broken home kita akan menjadi pribadi yang gagal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar