Minggu, 19 Januari 2014

Jalur Web Yahoo atau Gmail



Web Gmail
GMail atau dikenal juga dengan Google Mail adalah layanan email berbasis web yang disediakan oleh Google secara gratis.
Layanan ini diluncurkan pada tanggal 21 Maret 2004 dan sempat membuat heboh banyak kalangan karena langsung menyediakan kapasitas email 1 GB yang pada saat itu sangat tidak wajar. Dan untuk pendaftarannya tidak terbuka untuk umum tetapi harus melalui undangan dari orang yang sebelumnya sudah mendapatkan account.
Dan uniknya untuk menghargai kita yang menjadi pengguna GMail maka setiap detik kapasitas layanan ini terus bertambah. Pada saat penulisan ini dibuat, kapasitas penyimpanannya sudah mencapai 6791 MB.

Menelusuri Jalur Web gmail.com
Gunakan perintah tracert untuk mengetahui jalur yang dilalui untuk mencapai sebuah website, dalam kasus ini adalah gmail.com
1. klik start>Run. Ketikan perintah CMD.
2. Pada jendelan DOS terminal, ketikan tracert disertai nama domain tujuan, seperti pada gambar contoh.
3. Tekan enter, maka akan terlihat jalur tempuh mulai dari ISP kita, lokasi – lokasi berikutnya, hingga akhirnya mencapai domain yang dituju. Semakin panjang jalur tempuhnya maka semakin lama pula waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan data data.

Koneksi dari Perangkat Keras ke ISP
PC yang akan digunakan untuk mengakses web gmail harus memiliki koneksi internet yang terhubung dengan ISP . Agar PC dapat membuat koneksi internet maka dibutuhkan perangkat keras tambahan yaitu Modem.


Gambar jalur koneksi dr pc, tablet, smartphone dan hp hingga ke ISP










Keuntungan :
  • Mudah dan cepat dalam mengaksesnya
Kerugian :
  • Sinyal internet sangat mempengaruhi misalnya cuaca hujan sehingga mempengaruhi aktifitas  saat menggunakan internet yang menyebabkan kinerja menjadi terganggu.
Kesimpulan :
Dalam mengirim email user dapat menggunakan yahoo atau gmail jika ingin mengakses gmail tersebut user harus memiliki PC, Tablet, Smartphone dan HP agar dapat menjalannkannya harus tersedia layanan internet ke ISP sedangkan untuk computer menggunakan modem. Modem tersebut harus di setting terlebih dahulu sesuai ketentuan ISP yang digunakan.

Referensi :
http://ajibip.blogspot.com/2014/01/jalur-web-yahoo-gmail-serta-gambar.html
http://maionuryanto.wordpress.com/2010/08/11/kelebihan-dan-kekurangan-dari-gprs-3g-wi-fi-adsl-dan-cable-connection/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar