Kamis, 05 Januari 2012

Dampak Didepan komputer

             Ternyata didepan komputer terlalu lama itu banyak sekali kerugiannya . Terkadang anak-anak, remaja dan orang dewasa sering sekali berlama lama didpan komputer dari bermain game ngerjain tugas dan ngerjain pekerjaan kantor . 
Disini saya akan memberikan informasi apasih dampak dari didpan komputer . ternyata banyak sekali dampaknya .  


Dampak bagi kesehatan ketika terlalu duduk terlalu lama


1. Penbekuan Pembuluh Vena / DVT
            Menurut Professor Richard Beasley dari Wellington Hospital diselandia baru, menyatakan bahwa ancaman bahaya akan menghampiri orang yang terlalu duduk terlalu lama saalah satunya duduk dipan komputer berjam-jam.  DVT adalah pembekuan darah yang terjadi pada pembuluh darah vena dan biasanya terjadi pada bagian betis. Jika pembekuan ini tidak dicairkan dengan obat penencer darah biasanya akan pecah dan terbawa ke paru-paru dan berujung pada emboli paru-paru yang mematikan. 
2.  Computer Vision Syndrome (CVS) . 
             Menurut Dr Rini penggunaan komputer dan gedget yang terlalu lama dapat menyebabkan keluhan mata dan pengelihatan . Gejala dari CVS adalah mata merah, pedih, berair, matakering, mata terasa lelah, kelopak mata atau dahi terasa berat, sakit kepala atau migran dan rasa sakit pada bahu. Biasanya keluhan itu terjadi akibat sistem pencahayaan yang salah dan kurang berkedip bisa juga posisi duduk yang kurang benar.
3. E-Trombosis
             Trombosis dapatt terjadi ketika darah lebih kental dari normal, ada kerusakan pada dinding pembuluh darah, aliran darah berkurang karena sesuatu hal, atau karena kombinasi faktor-faktor ini.
Satu penelitian menunjukkan, duduk tanpa bergerak hanya untuk selama satu setengah jam, dapat mengurangi mengalirnya darah pada pembuluh popliteal (di belakang lutut) sampar 40 persen.
             Jenis-jenis trombosis di antaranya, pertama pembekuan darah dalam urat darah halus yang disebut venous thrombosis.Contohnya, pembekuan darah pada urat darah dalam, biasanya di kaki (deep vein thrombosis/DVT), pembekuan darah di urat darah retina mata (retinal vein thrombosis). Kedua, pembekuan darah di arteri (arterial thrombosis), contohnya, pembekuan darah di arteri jantung, seperti arteri koroner, dikenal sebagai serangan jantung (myocardial infarction), dan pembekuan darah di otak dikenal sebagai stroke (cerebrovaskular accident).

Dari bebera dampak yang diakibatkan dari terlalu lama di dpan komputer, ternyata sudah memakan korban yaitu :

1.  seorang pria Korea Selatan berusia 24 tahun yang roboh dan meninggal, setelah bermain game komputer secara maraton 80 jam di berbagai cafe internet. yang meninggal karena e-trombosis

Jika anda masih sayang sama diri anda sendiri janganlah terlalu lama duduk didepan komputer, Anda membutuhkan istirahat mata selama 1 jam, atur posisi duduk 90 derajat, posisi keyboard 100 derajat dari siku dan jaga layar komputer sekitar 50-75 cm dari mata. Dan jangan lupa minum air putih yang banyak. Selama 2-3 jam istirahat selama 5 menit agar mata tidak lelah . 


referensi :



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar